Untuk memperbesar keuntungan bersih, perlu melakukan efisiensi usaha dari berbagai cakupan. Mulai dari sistem kerja (operasional), sistem administrasi & keuangan, birokrasi, biaya produksi, strategi pemasaran, biaya permodalan, dli. Makin tidak efisien suatu usaha, makin tipis keuntungannya, karena banyak alokasi dana yang mubazir.
Dari sisi pengeluaran biaya produksi, seperti bahan dan alat, efisiensi yang dilakukan bisa dengan memperhatikan jumlah persediaan barang. Barang yang paling sering digunakan (paling laris) tentunya yang paling banyak persediaannya. Berapa jumlah minimum persediaan barang tersebut juga harus diperhitungkan,agar jangan sampai kehabisan,yang bisa mengakibatkan terhentinya produksi.
Dari sisi pengeluaran operasional,seperti gaji,telepon,listrik,transportasi,dll juga perlu diperhatikan.Gaji karyawan misalnya,bisa dihemat dengan menciptakan proses produksi yang efisien, berapa lama proses pengerjaan suatu barang, berapa banyak yang bisa diproduksi, dan berapa jumlah tenaga kerja yang diperlukan. Semua variabel ini jika dilaksanakan dengan efisien maka akan tercipta kapasitas maksimal produksi yang paling optimal tanpa harus menambah tenaga kerja sehingga bisa menghemat gaji.
Penetapan Harga Jual Produk. Untuk menetapkan harga jual produkyang tepat sehingga bisa memaksimalkan keuntungan bersih, caranya bisa dengan Penetapan Harga Biaya Plus (Cost-P/us Pricing Method). Dalam metode ini, harga jual per unit produk diperoleh dengan menghitung jumlah seluruh biaya per unit ditambah jumlah tertentu untuk menutup laba yang dikehendaki pada unit tersebut, atau disebut marjin. Harga jual produk dapat dihitung dengan rumus:
Biaya Total + Marjin = Harga Jual
Contoh, Anda punya usaha kue dan mendapatkan order sebanyak 100 kue untuk sebuah pesta pernikahan. Biaya yang Anda keluarkan untuk memproduksi kue tersebut diperkirakan sebanyak Rp 400.000 dengan perincian :
Biaya bahan baku: Rp. 250.000
Biaya tenaga kerja: Rp. 100.000
Biaya Iain-Iain seperti, kemasan : Rp. 50.000
Jika Anda menginginkan laba sebesar 15% dari biaya total, maka : Harga total = Biaya Total + Laba = Rp. 400.000 + (15% x Rp 400.000) = Rp. 460.000. Dengan demikian untuk setiap jus yang Anda jual, harganya sebesar Rp. 4.600.
Dari pendekatan ini dapat kita lihat bahwa jika ingin memaksimalkan keuntungan usaha maka Anda bisa mencari bahan baku yang lebih murah, atau dengan jumlah bahan baku yang sama tetapi memproduksi kue lebih banyak karena ukurannya lebih kecil, atau carilah kemasan yang sederhana alias tidak berlebihan.
Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menentukan harga jual:
Tetapkan harga yang realistis, jangan tetapkan harga terlalu tinggi yang tidak masuk akal atau terlalu rendah hanya supaya produk laku keras di pasaran.
Pastikan semua biaya sudah diperhitungkan.
Bandingkan harga jual yang ditetapkan dengan harga jual kompetitor.
Bereaksilah dengan cepat namun tetap hati-hati bila kompetitor melakukan perubahan harga.
Jangan menaikkan harga jual bila terjadi inflasi.
Tidak memberikan diskon terlampau banyak dan sering.
Jangan berpikir bahwa konsumen hanya akan membeli produk dengan harga yang murah.
Cara MenekanTingginya Biaya. Untuk meningkatkan laba, perusahaan umumnya meningkatkan pendapatan dan mengurangi biaya, antara lain biaya produksi. Dengan mengurangi biaya, perusahaan dapat memaksimalkan dana untuk tujuan lain seperti membuat produk baru, atau menginvestasikannya untuk menambah asset perusahaan.
Untuk mengurangi biaya usaha,maka tidak dapat langsung memangkas biaya tanpa adanya analisis terlebih dahulu.Perusahaan perlu menganalisis biaya mana yang dapat dikurangi dan biaya yang tidak dapat dikurangi.Juga perlu dianalisis tujuan pengurangan biaya,hasilnya akan dialokasikan untuk tujuan apa.Janagn sampai pengurangan biaya dapat menghambat kegiatan opersaional perusahaan,terutama dalam memproduksi suatu produk.
Anda perlu mempertimbangkan mengenai rencana produksi,hatga bahan yang dibeli,berapa banyak waste yang terbuang,merencanakan berapa tenaga kerja yang dibutuhkan untuk melakukan kegiatan produksi.Selain itu perlu dianalisis tren dari pengeluaran yang terjadi.Setelah anda memahami trennya,maka pemangkasan biaya dapat dilakukan.
Biaya yang dapat dikurangi dapat dipangkas untuk meningkatkan efisiensi.Perbaikan line produksi dapat mengurangi kebutuhan tenaga kerja produksi.Selain itu pemilihan bahan baku yang telah dianalisis sebelumnya untuk mengurangi waste yang terjadi pada perusahaan,dapat membantu mengurangi biaya produksi dan meningkatkan efisiensi kerja.Atau bisa pula mempertimbangkan menggunaka mesin produksi yang baru dan mengganti mesin yang lama.
Pemasaran efektif.Kegiatan produksi produk tidak selamanya memutuhkan biaya yang cukup besar.Bagi anda yang memiliki dana terbatas sekalipun,kegiatan promosi produk dapat dilakukan.Yang terpenting adalah kreativitas untuk menyusun strategi promosi dengan meminimalisir dana.Pertama,susunlah rencana promosi untuk menarik konsumen,mulai dari tujuan promosi,target pasar,nilai lebih produk yang akan ditawarkan,besaran anggaran dana yang digunakan,serta buatlah daftar kegiatan promosi untuk mengenalkan produk kepada konsumen.Lalu tentukan konsep promosi sebelum memulai usaha.
Sebelum memulai usaha ,cari tau dulu mengenai besarnya minat konsumen untuk menggunakan atau membeli produk anda.Selanjutnya tentukan konsep promosi yang diinginkan,bila perlu tambahkan logo atau slogan khusus pada produk agar konsumen inagt dengan produk dan bisnis anda.Selanjutnya pilih sasaran pasar yang tepat.Jika anggaran terbatas,sebaiknya fokuskan target pasar produk anda Kepada suatu komunitas atau kelompok tertentu yang memiliki kebutuhan sesuai dengan produk anda.Jika produk anda sudah tersebar dan dikenal masyarakat,anda dapat memperluas sasaran pasar.Janagn ragu untk memberikan informasi gratis yang berhubungan dengan produk Anda,misalnya dengan memberikan brosur,surat,atau menyajikan website yang memberikan informasi gratis dengan berita up to date,bila perlu kirimkan SMS untuk menginformasikan produk terbaru dari produk Anda.
Promosi bisa dilakukan dengan mengirimkan email kepada para pelanggan sebagai bentuk komunikasi.Bisa juga dengan membuat group melalui facebook atau twitter,sehingga konsuman mengetahui informasi produk Anda melalui media internet,yang dapat menjangkau konsumen lokal maupun internasional.Komunitas menjadi pilihan tepat bagi usaha kecil dan menengah yang memiliki dana terbatas,untuk mempromosikan produknya.
Bisa pula promosi di media massa atau elektronik bila dana mencukupi.Perluas juga jaringan dengan mencari relasi media yang bisa diajak kerja sama untik mempromosikan bisnis Anda.
Semoga bermanfaat..
Bisa pula promosi di media massa atau elektronik bila dana mencukupi.Perluas juga jaringan dengan mencari relasi media yang bisa diajak kerja sama untik mempromosikan bisnis Anda.
Semoga bermanfaat..